SD NEGERI 1 PAGERPELAH

Sehat, Cerdas, Takwa, Beretika, Berestetika, Bermutu, Pakem, dan Modern

Microsoft Office Bahasa Indoneisa dengan EYD

Posted by Eko Wahyono pada 18 Mei 2010

MENGENALKAN MICROSOFT OFFICE 2007
BERBAHASA INDONESIA DILENGKAPI EYD (EJAAN BAHASA INDONESIA YANG DISEMPURNAKAN)

Harus kita sadari bahwa penguasaan Bahasa Indonesia Baku masih belum kita kuasai sepenuhnya. Termasuk para guru juga masih rendah terhadap penguasaan Bahasa Indonesia baku, atau Bahasa Indonesia Yang Disempurnakan. Sudah sangat sering kita membaca tulisan, karangan, karya ilmiah, skripsi, tesis, disertasi baik yang ditulis dalam tulisan resmi dalam bentuk buku, literatur, laporan, karya atau media massa. Berbagai tulisan sering kita baca yang ditulis oleh berbagai penulis, pengarang sering kali kita menjumpai salah ketik atau salah tulis, terutama tulisan berbahasa Indonesia. Hal ini sangat fatal bila tulisan adalah karya ilmiah, penelitian atau pun produk hukum. Mengapa ini terjadi?
Ada beberapa hal yang menyebabkan terjadinya salah ketik atau salah tulis. Yang pertama, penulis sendiri tidak memahami Ejaan Bahasa Indonesia Yang Disempurnakan (EYD).
Kedua alat atau program yang digunakan untuk mengetik (menulis) misalnya Microsoft Word tidak dilengkapi dengan alat deteksi bahasa sehingga kesalahan ketik tidak terdeteksi dan tidak diketahui, sedangkan mengedit (membaca) secara keseluruhan tidak teliti.
Yang ketiga, rata-rata aplikasi komputer masih berbahasa Inggris (termasuk Microsoft Office). Sehingga tulisan Bahasa Indonesia tidak terdeteksi dan sering menjadi salah tulis. Adanya autocorrection dalam Bahasa Inggris kadang kala menjadikan ketikan bertambah salah, misalnya ketika kita menulis kata ‘faktor’ akan terkoreksi menjadi ‘factor’, menulis kata ‘dan’ menjadi ‘and’ da sebagainya.
Untuk menghindari salah ketik, terutama naskah berbahasa Indonesia, penulis telah mengembangkan aplikasi Microsoft Office berbahasa Indonesia yang dilengkapi Ejaan Bahasa Indonesia Yang Disempurnakan (EYD) serta dilengkapi dengan alat deteksi bahasa. Dengan demikian semua kata yang diketik akan dideteksi secara akurat, sehingga bila kita salah mengetik atau menulis akan diberi tanda, diberi pilihan kata yang paling tepat, bahkan akan dibetulkan secara otomatis.
Sampai saat ini belum ada program Microsoft Office Berbahasa Indonesia yang dilengkapi EYD. Kalaupun ada Microsoft Office Berbahasa Indonesia yang dikeluarkan oleh Microsoft belum dilengkapi dengan EYD.
Program Microsoft Office Berbahasa Indonesia yang dilengkapi EYD ini dikembangkan dalam rangka membantu para penulis mempercepat pengetikan dan menghindari kesalahan ketik. Selain Bahasa Indonesia, juga mendeteksi Bahasa Inggris, sehingga ketika kita salah mengetik kata dalam Bahasa Inggris juga akan dideteksi kebenarannya, dan jika salah akan diberi tanda, diberi pilihan kata yang benar, bahkan akan dibetulkan secara otomatis. Program ini sangat dibutuhkan oleh para editor naskah, karena dengan program ini para editor tidak harus membaca naskah secara keseluruhan, cukup membaca bagian-bagian yang salah untuk kemudian dibetulkan.
Program Microsoft Office Berbahasa Indonesia yang dilengkapi EYD ini adalah akan berjalan lancar pada komputer manapun dengan spesifikasi minimal:
1. Ada program Microsoft Office 2007;
2. Prosesor Dual Core 1,8 GHz;
3. Memori (RAM) minimal 512 MB.
Kepada para pembaca yang ingin mencoba program ini bisa kontak saya di:
Telp (0286) 5800146, HP 081469700911 (Indosat Matrix), 08112615876 (Telkomsel Halo); ewahyono580@gmail.com; eko_wahyono58@hotmail.com; eko_wahyono58@windowslive.com.
Saya selaku pengembang siap untuk mengujicobakan program ini, dan cobalah keistimewaan program yang saya tawarkan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: